Anda pernah mengalami rasa sakit seperti terbakar pada bagian dada? Waspada gejala gastroesophageal reflux disease (GERD) atau umum dikenal dengan nama penyakit asam lambung. Penyakit ini dapat muncul akibat asam lambung naik hingga ke kerongkongan. Meski tidak mematikan, penyakit ini perlu ditangani dengan agar terhindar dari risiko komplikasi. Berikut ini obat herbal asam lambung yang ampuh untuk mengatasi masalah Anda.

Daftar obat herbal asam lambung yang ampuh

Penyakit asam lambung dapat muncul ketika otot lower esophageal sphincter atau LES (kerongkongan bagian bawah) melemah. Otot yang berbentuk menyerupai cincin ini bekerja menutup kerongkongan saat makanan turun ke lambung. Karena tidak berkontraksi dengan baik, kerongkongan tidak dapat tertutup sempurna sehingga asam lambung pun naik. Meski dapat dialami oleh siapa saja, penderita obesitas, wanita hamil, perokok aktif, dan lansia lebih rentan terkena gejala ini. Terlebih lagi jika Anda memiliki kebiasaan berbaring seusai makan.

Selain dada yang terasa seperti terbakar (heartburn), gejala penyakit ini umumnya disertai dengan gangguan saluran pencernaan dan sesak napas. Mulut penderita penyakit asam lambung biasanya terasa asam. Penderita juga akan sering bersendawa, merasa mual hingga muntah, sampai keluhan maag. Di bawah ini empat obat herbal yang bukan merupakan obat paten atau generik yang diketahui dapat mengobati penyakit asam lambung.

  1. Jahe

Untuk mengatasi rasa sakit akibat gejala penyakit asam lambung, Anda dapat mengolah jahe menjadi minuman hangat. Jahe bersifat antiinflamasi sehingga ampuh mengatasi rasa nyeri pada dada (heartburn). Anda juga dapat meringankan rasa kembung serta mual dengan mengonsumsi bahan herbal ini.

  1. Kunyit

Selain jahe, tanaman rempah lain yang dapat membantu Anda mengatasi gejala penyakit asam lambung adalah kunyit. Tanaman rimpang berwarna kuning ini dapat Anda jadikan minuman layaknya jamu agar lebih mudah untuk dikonsumsi. Meski ampuh mengatasi penyakit asam lambung, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kunyit secara berlebihan karena dapat berisiko menyebabkan diare dan alergi.

  1. Temulawak

Berdasarkan penelitian, temulawak mengandung kurkumin dan flavanoid yang dapat membantu melindungi dinding lambung (mukosa) sehingga sangat baik dijadikan sebagai obat maag. Sebagaimana kita ketahui bahwa maag merupakan salah satu gejala yang menyertai penyakit asam lambung. Anda dapat merebus temulawak dengan campuran kencur, lengkuas, adas, kapulaga, dan gula aren. Berikut ini resepnya:

Temulawak     30 gr

Kapulaga         4 butir

Adas                1 sdt

Kencur            30 gr

Lengkuas         30 gr

Air bersih        600 ml

Gula aren secukupnya

Kupas dan cuci bersih semua bahan rempah tersebut. Potong menjadi ukuran yang lebih kecil kemudian rebus dalam air mendidih. Panaskan racikan tersebut sampai tersisa sepertiga jumlah air (200 ml). Saring dan minum setelah ramuan dingin.

  1. Pala

Pala sudah sejak lama dipercaya sebagai rempah yang ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit, tak terkecuali yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Bagian yang dapat dimanfaatkan untuk meredakan penyakit asam lambung adalah biji pala. Dengan mengonsumsi biji pala, Anda dapat terhindarkan dari rasa mual dan muntah. Di bawah ini resep racikan biji pala sebagai obat asam lambung.

Bubuk biji pala           1 gr

Bubuk pisang batu      6 gr

Air hangat                   100 ml

Seduh dua bahan tersebut dengan air hangat dan minum satu kali sehari. Ramuan tersebut dapat Anda konsumsi selama satu bulan penuh untuk meringankan penyakit asam lambung.

Selain konsumsi obat herbal, Anda dapat mencegah munculnya penyakit asam lambung dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghindari faktor pemicunya, seperti merokok, makanan pedas dan berlemak tinggi, konsumsi kopi bergula, serta berbaring selepas makan. Anda juga disarankan untuk melakukan diet. Berat badan yang ideal akan membantu Anda menghindari risiko terserang penyakit asam lambung. Semoga bermanfaat.