Ambeien atau biasa juga disebut dengan wasir adalah penyakit yang umum dialami manusia. Meski begitu, penyakit ambeien cukup menyiksa. Penyakit karena peradangan pembuluh darah di sekitar anus ini dapat membuat rasa nyeri sekaligus perih saat mengejan. Untuk itu menyembuhkan ambeien dengan obat-obatan sudah seharusnya dilakukan. Baik melalui obat-obatan kimia maupun alami.

Obat Alami Untuk Atasi Ambeien

Hari ini masyarakat sudah banyak yang memiliki kesadaran untuk mengobati atau pun mencegah penyakit dengan obat-obatan alami. Karena obat-obatan alami cenderung lebih sehat untuk badan dibandingkan obat kimia yang berbahaya. Selain itu, obat alami juga lebih murah dan mudah didapat. Berikut adalah beberapa obat-obatan alami untuk mengobati ambeien.

  1. Air lemon

Lemon terbukti memiliki banyak kandungan nutrisi untuk mengobati beberapa penyakit dan menjaga kesehatan badan. Salah satunya penyakit ambeien atau wasir. Senyawa yang terkandung dalam air perasan lemon bisa memperkuat pembuluh kapiler serta dinding pembuluh darah.

Aplikasi air lemon untuk mengobati ambeien juga cukup mudah. Siapkan air hasil perasan buah lemon, lalu celup cotton ball ke dalamnya. Kemudian gosokkan di sekitar bagian yang terasa sakit karena ambeien. Anda dapat pula meminum airnya untuk pengobatan dari dalam.

  1. Garam Epsom dan gliserin

Garam Epsom merupakan garam yang berasal dari daerah Sorrey, Inggris. Garam ini cukup istimewa karena kandungan magnesium dan sulfatnya yang tinggi. Untuk kesehatan, mineral ini bisa berfungsi sebagai pereda nyeri dan relaksasi. Sedangkan gliserin merupakan cairan yang biasa dijadikan sebagai campuran pelembab. Dengan demikian kombinasi keduanya bisa digunakan untuk meredakan ambeien.

Cara penggunaannya pun juga tidak susah. Campurkan kedua bahan tersebut dengan takaran yang sama (1:1). Kemudian oleskan dengan lap atau kain kasa ke area yang terasa perih karena ambeien. Setelah dioles, biarkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dibersihkan. Ulangi empat sampai enam jam sekali hingga rasa sakit atau perih mereda.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal sebagai nutrisi alami untuk kulit karena adanya kandungan zat sifat antiinflamasi. Dalam konteksnya sebagai pengobat ambeien alami, gel lidah buaya dapat merelaksasi pembuluh darah yang meradang. Alhasil ukuran radang ambeien tersebut dapat berkurang. Ada pula kandungan arakuinon yang dapat membuat kencang dinding saluran pencernaan dan mendorong isi usus keluar. Dengan demikian kotoran di usus menjadi lebih mudah bergerak dan mencegah sembelit.

Meski begitu, lidah buaya juga dapat menjadi alergen bagi beberapa orang. Reaksi alerginya pun bisa beragam. Untuk itu lakukan uji sensitivitas terlebih dahulu untuk memastikan tidak adanya alergi. Caranya dengan oleskan sedikit gel lidah buaya di kulit kemudian tunggu selama setidaknya sehari. Jika tidak ada reaksi apapun, maka lidah buaya tersebut cocok digunakan sebagai pereda ambeien alami.

  1. Hidup sehat dan makan makanan berserat

Beberapa cara di atas merupakan cara untuk mengobati atau meredakan. Namun pada intinya, untuk mencegah terjadi atau kumatnya ambeien adalah dengan menerapkan pola hidup sehat serta melakukan perawatan pada anus. Karena mencegah tentu lebih baik daripada mengobati.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah jangan pernah menahan buang air besar karena dapat mendorong adanya sembelit. Sembelit adalah awal mula dari adanya ambeien atau wasir. Kedua rajin membersihkan sekitar anus. Caranya bisa dengan merendam anus dalam air hangat. Keringkan anus setelah dibersihkan, karena kelembaban dapat memicu datangnya kuman. Bagi penderita ambeien, sebaiknya hindari penggunaan sabun ataupun tissue beralkohol atau pewangi karena dapat memicu iritasi.

Ketiga, makan banyak makanan berserat. Nutrisi makanan berserat dapat meredakan pendarahan dan rasa nyeri. Pastikan rajin makan buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan. Salah satunya beras merah yang memiliki banyak nutrisi yang baik.

Itulah empat cara menyembuhkan ambeien dengan obat-obatan alami. Mungkin masih banyak hal lain yang dapat dijadikan obat ambeien. Namun setidaknya mengobati ambeien dengan cara mencegahnya masih menjadi hal yang lebih baik.